Sebutkan Kegunaan Simbol dari Pembelajaran Seni Rupa

Dalam Jurnal Unpam, simbol diartikan sebagai sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang terlihat yang menggantikan gagasan atau objek. Jauh sebelum manusia mengenal huruf, simbol menjadi salah satu bahasa yang digunakan dalam kehidupan saat itu, simbol berasal dari gambar kemudian disederhanakan menjadi bentuk tertentu. Tentu saja simbol dapat berupa kata atau gambar yang harus diartikan, apabila sebuah simbol diungkapkan, maka muncullah makna dari simbol tersebut, begitu kata Laksmi Kusuma Wardani dalam kajian Fungsi, Makna dan Simbol yang ditulisnya pada seminar Arsitektur Nusantara 101010.

Simbol dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu simbol garis, simbol titik, simbol area dan simbol warna. Kegunaan simbol dari pembelajaran seni rupa yaitu untuk mengetahui perbedaan makna setiap bentuk gambar dalam waktu singkat. Contoh misalnya simbol laki-laki dan perempuan pada pintu toilet. Simbol hijau yang mewakili daun. simbol garis untuk mewakili jalan pada sebuah peta dan simbol lain sebagainya.

Simbol juga dapat diartikan sebagai identitas suatu kelompok. Biasanya kelompok menampakkan identitasnya melalui simbol-simbol tertentu.

gambar dari indian ware





0 Response to "Sebutkan Kegunaan Simbol dari Pembelajaran Seni Rupa"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.

Click Here To Join Bitcoadz.io
AdSense
Gadget AdSense
Edit
AdSense
Gadget AdSense
Edit