Kemunculan Seni Rupa Timur dengan Aspek Spiritual

Peradaban seni rupa Timur termasuk peradaban tertua di dunia. Kemunculan peradaban Mesopotamia dan Mesir adalah tanda kekuatan besar pernah berjaya pada masanya.

Pada dasarnya tidak semua seni rupa Timur berkaitan dengan aspek spiritual, namun sebagian besar karya seni rupa Timur memang berbicara tentang spiritual. Hal tersebut kerjadi karena ciri utama seni rupa Timur adalah idealisme spiritual dan pernyataan identitas. Alasan lainnya karena bagian Timur dinilai dengan nuansa spiritual yang kuat, manusia bukan sumber utama hidup dan kehidupan melainkan ada kekuatan yang lebih besar dari kuasa manusia.

Berbeda dengan seni rupa Barat yang dimulai dengan peradaban prasejarah, pembahasan seni rupa Timur akan dimulai dari Mesir, Mesopotamia, India, Cina, Jepang dan Seni Rupa Islam. Meski belum mencakup semua sejarah perkembangan seni rupa Timur, aspek pembahasan sejarah dengan melihat peradaban di atas akan mengantarkan kita memahami seni rupa Timur secara umum.

0 Response to "Kemunculan Seni Rupa Timur dengan Aspek Spiritual"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.

Click Here To Join Bitcoadz.io
AdSense
Gadget AdSense
Edit
AdSense
Gadget AdSense
Edit