Ciri-ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Setiap karya seni rupa di berbagai daerah memiliki keunikan tersendiri. Seni rupa sendiri adalah ekspresi estetik hasil karya manusia.

Dilansir dari Mikirbae.com Nanam Ajim menulis ciri-ciri seni rupa daerah yang membedakannya dengan kesenian lain. Secara umum, karya seni rupa daerah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bersifat kedaerahan. Karya seni rupa tersebut muncul dari kondisi daerah masing-masing. 
  • Dipengaruhi oleh budaya dan latar belakang sejarah suatu wilayah. Misalnya karya seni rupa daerah mengandung simbol-simbol dan bermakna. Seni rupa daerah seringkali digunakan untuk upacara adat, agama, atau kebutuhan sehari-hari. Seni rupa daerah dibuat dari bahan alam yang berasal dari lingkungan.
  • Corak dan motifnya dipengaruhi oleh kondisi fisik atau geografi suatu daerah, dipengaruhi juga oleh corak seni tradisional masyarakat setempat.


Jawaban lain dikemukakan berbagai orang di forum tanya-jawab Brainly, bahwa ciri-ciri umum karya seni rupa daerah sebagai berikut:
  • Menonjolkan Sifat  kedaerahan
  • Karya Seni yang diciptakan terpengaruh oleh budaya atau sejarah dari daerah tertentu
  • Memiliki Corak atau motif yang khas dari daerah tertentu, Khas yang dimaksud disini bisa saja motif atau corak yang ditampilkan sesuai dengan kondisi geografis daerah tertentu
  • Corak atau Motif yang ditampilkan biasanya bersifat tradisional
Demikian penjelasan dari kami. Silakan memcari jawaban lain untuk meperkaya pengetahuan.

gambar isalin dari Yulibu

0 Response to "Ciri-ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah"

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung, terus dukung kami, jangan lupa klik iklan sebagai tanda kunjungan. Mari saling menghargai.

Click Here To Join Bitcoadz.io
AdSense
Gadget AdSense
Edit
AdSense
Gadget AdSense
Edit